SMA Negeri 1 Abiansemal  merayakan Rahina Tumpek Uye dan Danu Kerthi, bertempat di Obyek Wisata Sangeh

link video kegiatan : https://www.youtube.com/watch?v=Ew4m1JAiorg

SMA Negeri 1 Abiansemal  merayakan Rahina Tumpek Uye dan Danu Kerthi, bertempat di Obyek Wisata Sangeh, Bali, Sabtu (29/01/22).   Perayaan Tumpek Uye dan Danu Kerthi, diperingati oleh umat Hindu setiap 210 hari sekali atau tepatnya pada Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Uye.Perayaan ini, sesuai dengan instruksi Gubernur Bali Nomor 1 tahun 2022, tentang “Perayaan Rahina Tumpek Uye  dengan upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-Titi  kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru”.

Perayaan ini dihadiri guru, pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Abiansemal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala SMA Negeri 1 Abiansemal, Bapak I Ketut Hariwirawan,S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa makna filosofis yang terkandung dari peringatan Tumpek Uye ini adalah sebagai perwujudan  rasa syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Rare Angon. Diharapkan dengan perayaan ini, kita bisa senantiasa menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam, manusia, dan kebudayaan Bali. Selain itu dapat membentuk jiwa yang berkarakter, berjati diri, berkualitas, berdaya saing, dan bertanggung jawab guna menghadapi permasalahan dan tantangan dinamika perkembangan zaman.

Rangkaian peringatan Rahina Tumpek Uye di Obyek Wisata Sangeh  diawali dengan kegiatan bersih-bersih dilingkungan obyek. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan persembahyangan di salah satu pura yang ada di tengah obyek wisata, pemberian makanan kepada satwa dan pelepasan burung.

Silahkan bagikan info ini ke

Leave a Comment

Your email address will not be published.